SMC

Profil Yayasan Sosial dan Pendidikan Islam SMC (Sedekah Merem Community)

Logo SMC

YAYASAN SOSIAL DAN PENDIDIKAN ISLAM SMC

SK. MENKUMHAM NOMOR : AHU 0017087.AH.01.04. Tahun 2017

Yayasan Sosial Dan Pendidikan Islam SMC adalah sebuah organisasi yang bergerak dalam bidang da’wah Islamiyah. SMC kepanjangan dari Sedekah Merem Community. Yang artinya adalah :

  1. Sedekah adalah pemberian seorang Muslim kepada orang lain secara sukarela tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Sedekah lebih luas dari zakat maupun infak.
  2. Merem secara bahasa adalah menutup mata, sedangkan secara istilah berarti memberi sesuatu dengan ikhlas tanpa mengharap imbalan kecuali pahala dari Allah subhanahu wa ta’ala.
  3. Community adalah komunitas, kumpulan atau kelompok Muslim.

Sehingga secara istilah SMC adalah suatu kelompok muslim yang melakukan sedekah secara ikhlas yang dimaksudkan untuk disalurkan untuk kemaslahatan ummat.

SMC awalnya hanya sebuah gerakan sedekah seribu rupiah sehari dengan tujuan untuk memberi santunan sembako, kesehatan, pendidikan, kegiatan da’wah dan membeli mobil layanan umat/ambulance. Pada perkembangannya, setelah gerakan da’wah bertambah banyak maka SMC dipakai menjadi nama Yayasan. Yayasan Sosial dan Pendidikan Islam SMC resmi berdiri dan di sahkan oleh Pemerintah RI pada tanggal 17 November 2017.

Sesuai dengan namanya Yayasan SMC bergerak dan tumbuh dibiayai dengan dana sedekah. Kini, Yayasan Sosial dan Pendidikan Islam SMC terus berkembang menjadi Lembaga Da’wah yang memberi sumbangsih besar terhadap kehidupan masyarakat di Tawangmangu dan sekitarnya, dengan beberapa unit kegiatan sebagai berikut :

  1. Kegiatan Da’wah di Pedesaan, Jalur da’wah dengan mengajarkan belajar iqro, tilawah, tahsin, tahfizh, talqin kepada jamaah berbagai segmen usia baik di masjid maupun di rumah-rumah penduduk.
  2. Kegiatan Kajian Ahad Pagi Sepanjang, merupakan kajian umum yang diselenggarakan di Gedung Serbaguna Desa Sepanjang yang dilaksanakan setiap hari Ahad jam 7.30 – 8.30 WIB. Sebelum kajian dimulai, di teras Gedung juga diselenggarakan Teras Qur’an. Teras Qur’an diselenggarakan untuk memberi kesempatan bagi jamaah kajian untuk belajar Al Qur’an, baik Talqin, Tilawah, Tahsin dan Tahfizh yang diampu oleh ustadz/ustadzah Tim Da’wah Sepanjang.
  3. Kegiatan Sosial & Kemanusiaan, adalah salah satu terobosan da’wah melalui pelayanan dan pertolongan kepada para orang-orang yang sedang mengalami kesulitan atau musibah. Pelayanan Mobil Emergency dua puluh empat jam secara gratis kepada masyarakat yang membutuhkan, baik mengantar pasien, korban laka lalu lintas, jenazah maupun tanggap darurat pada bencana alam.
  4. Kegiatan Rumah Qur’an Sepanjang dan Rumah Qur’an Podang Umar bin Khotthob Jumantono, sebagai media belajar membaca, memperbagus, menghafal dan mengulang Al Qur’an kepada anak-anak TK, SD, SMP dan SMA yang dilaksanakan setiap hari Senin-Sabtu sore pada jam 15.45 – 17.15. Di Rumah Qur’an para santriwan santriwati diajarkan untuk menghafal Al Qur’an, Adab dan Akhlaq. Kegiatan Belajar & mengajar dilaksanakan di rumah-rumah penduduk yang kosong atau yang dikosongkan di Dusun Margosanten dan Dusun Podang Jumantono.
  5. Kegiatan Pertanian Buah-buahan, dimaksudkan untuk menciptakan sumber pendapatan bagi yayasan agar mampu menjalankan kegiatan da’wah yang semakin besar dan banyak.
  6. Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Falah. Berangkat dari keprihatinan akan kondisi ummat yang ditandai dengan terjadinya praktek kesyirikan, kejahilan, terjadinya disorientasi kehidupan serta terjadinya kesesatan ummat yang diakibatkan dari kurangnya ketersedian Da’i yang mampu berdakwah ditengah-tengah kehidupan masyarakat, maka Yayasan Sosial dan Pendidikan Islam SMC bermaksud untuk ikut serta memberikan solusi atas permasalahan ini, bekerjasama dengan Dewan Dakwah Islam Indonesia (DDII) Surakarta dan para aghniya untuk mendirikan lembaga pendidikan Islam setingkat Ma’had ‘Aly yang menyelenggarakan Program Tahfizhul Qur’an yang dipadu dengan Dirosah Al Islamiyah.

 

Ma’had ‘Aly Tahfizhul Qur’an dan Dirosah Islamiyah adalah lembaga pendidikan Islam, yang memadukan  antara pendidikan tahfizhul Qur’an dan Dirosah Islamiyah dengan system pendidikan mengacu pada penyelenggaraan pendidikan tinggi di Universitas atau Perguruan Tinggi. Diharapkan dengan program ini akan muncul kader-kader muslim yang memiliki kemampuan untuk menghafal, memahami, mengamalkan dan mendakwahkan Al Qur’an sehingga ia menjadi pedoman dan petunjuk jalan hidup yang diikuti seluruh manusia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *